Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 22:02 WIB

Pengamat:Perlu Badan Khusus untuk Tangani Kedelai

Oleh : Tio Sukanto | Minggu, 29 Juli 2012 | 17:00 WIB
Pengamat:Perlu Badan Khusus untuk Tangani Kedelai
Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah diminta untuk membentuk badan usaha khusus yang menangani kedelai. Pasalnya Perum Bulog yang diplot menangani logistik pangan tidak bisa menangani langsung persoalan kedelai.

Demikian disampaikan Pengamat Pangan, Bustanul Arifin kepada INILAH.COM di Jakarta Sabtu kemarin (28/7/2012).

"Bisa saja ada BUMN khusus yang menangani kedelai. Tapi bukan saja hanya siap, tapi juga tidak mengalihkan ke pihak ke 3," kata Bustanul.

Bustanul mengatakan rencana pembentukan BUMN kedelai tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya dahulu pernah dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha yaitu Patra Tani dimana anak usaha tersebut sukses menanam kedelai dengan skala luas dengan produksi yang cukup menggembirakan. "Praktek pertanian dulu moderen dulu sudah mereka terapkan dan berhasil itu. Jadi jangan khawatir kita tidak ahli atau pakar, sudah banyak untuk itu. Tinggal kemauan kita saja mau apa tidak, kalau ada fundamental seperti itu saya pikir itu bagus," ujar dia.

Namun begitu menurut dia pembentukan BUMN kedelai tersebut bukan persoalan yang mudah, karena dibutuhkan keputusan tertinggi. "Dengan kontek pragmatisme seperti ini siapa yang berani ambil keputusan radikal seperti itu. Level menteri mungkin bisa saja," pungkas dia. [mel]

Komentar

x