Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 11:06 WIB

Blok Cepu Masih Terhambat Rencana Tata Ruang

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Kamis, 9 Agustus 2012 | 19:24 WIB
Blok Cepu Masih Terhambat Rencana Tata Ruang
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Produksi minyak Blok Cepu masih belum optimal karena rencana tata ruang wilayah (RTRW) daerah yang belum tuntas.

Menteri ESDM, Jero Wacik mengatakan, sebanyak 3 dari 5 proyek pembangunan konstruksi proyek rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (enginering, procurement and construction/EPC) 1 Blok Cepu masih tersendat. Salah satunya adalah terkait tata ruang.

"Jadi minggu depan saya akan undang lagi Gubernur Jatim dan Bupati Bojonegoro untuk kita amankan mana yang hambatan-hambatan," tutur Jero di Jakarta, Kamis (9/8/2012).

Hambatan teknis tersebut, lanjutnya, harus segera dituntaskan agar tidak menganggu target produksi minyak sebesar 165 ribu barel per hari pada tahun 2014. "Produksinya sekarang sudah mulai 20 ribu. Kalau ini lancar semua, 2014 akan hasilkan topnya itu 165 ribu," ujarnya.

Untuk bisa memproduksi 165 ribu barel minyak per hari, Mobil Cepu Limited harus menyelesaikan lima proyek EPC. Lima proyek tersebut, yakni EPC-1 berupa pekerjaan fasilitas produksi, EPC-2 berupa desain dan instalasi pipa desalinasi, EPC-3 berupa pembangunan pipa offshore dan mooring tower, EPC-4 yang terdiri atas fasilitas penyimpanan dan bongkar muat terapung (floating storage and offioading/FSO), dan EPC-5 berupa fasilitas pendukung perkantoran.

Proyek Mobil Cepu merupakan usaha patungan (joint venture) antara Exxon Mobil (45%), Pertamina (45%) dan Pemda Bojonegoro (10%).

Komentar

Embed Widget
x