Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 02:17 WIB

Kemenkeu Yakin Dana Asing Siap Masuk Lagi

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Rabu, 5 September 2012 | 18:59 WIB
Kemenkeu Yakin Dana Asing Siap Masuk Lagi
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah yakin hingga akhir semester II ini, aliran dana asing akan menyerbu pasar keuangan Indonesia lagi.

Kepala Plt Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Bambang Brodjonegoro mengakui, aliran dana asing yang keluar dari Indonesia (capital outflow) sebesar Rp410 miliar pada Agustus lalu masih bersifat wajar.

Hingga akhir tahun ini ia malah memperkirakan aliran dana asing akan kembali bergairah ke Indonesia. "Iya tapi kan (capital outflow) sebentar, artinya kemudian kondisinya baik lagi. Dan kemungkinan kondisi belakangan kemungkinan inflow akan lebih besar," tuturnya di Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Sebelumnya berdasarkan data Kementerian Keuangan per Agustus 2012, dana asing yang masuk ke portofolio saham mencapai Rp410 miliar, yang masuk ke sertifikat Bank Indonesia (SBI) mencapai Rp590 miliar, dan yang masuk ke surat utang negara (SUN) Rp1,41 triliun. [hid]

"Secara agregat dana asing yang keluar dari saham, SUN, SBI mencapai Rp0,41 triliun," tutur Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Ia mengatakan total dana asing yang keluar dari Indonesia (capital outflow) per Agustus 2012 mencapai Rp410 miliar. Hal tersebut dipicu sikap investor yang mengalihkan asetnya ke emas dan dolar AS.

Komentar

Embed Widget
x