Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 15:18 WIB

BI: Aturan Trustee masih Tiga Bulan Lagi

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Rabu, 5 September 2012 | 20:59 WIB
BI: Aturan Trustee masih Tiga Bulan Lagi
Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution menyatakan, aturan Trustee bagi perbankan lokal terkait pengelolaan dana hasil ekspor (DHE) akan keluar dalam 3 bulan lagi.

Darmin menyatakan, aturan tersebut sebenarnya telah tertuang dalam undang-undang perbankan namun belum pernah dilaksanakan. "Memang istilahnya diundang-undang itu arahnya penitipan di perbankan dan ketika kita diskusi arahnya ke trustee," tuturnya di Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Pembahasan antara BI dengan perbankan terkait kebijakan Trustee tersebut memakan sekitar 7-8 bulan. "Lalu kita proses kelihatanya sudah mulai siap dan mungkin dalam 2-3 bulan ini akan keluar PBI (peraturan BI)-nya. Karena itu diturunkan dari pasal undang-undang perbankan," katanya.

Ia menegaskan, kebijakan Trustee ini boleh dikembangkan oleh setiap bank. "Itu pengaturan persyaratan kewenangan yang bisa dikembangkan oleh perbankan, karena itu bukan sekedar menitipkan uang tapi bisa juga mengelola. Tentu saja ada syarat-syaratnya," ujar Darmin.

Aturan ini bukan hanya berlaku bagi bank penerima DHE saja. "Bukan khusus bank devisa, ini memerlukan kompentensi dari aparat perbankan karn ini tidak mekanimetik betul sehingga tergantung betul aparat perbankan untuk mengelola uang orang. Ini adalah produk perbankan," tuturnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x