Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Maret 2019 | 00:26 WIB

Euforia ECB akan Tahan Pelemahan Ekonomi Global

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Jumat, 7 September 2012 | 21:25 WIB

Berita Terkait

Euforia ECB akan Tahan Pelemahan Ekonomi Global
ist

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah yakin sikap ECB untuk memborong obligasi negara-negara zona euro yang tengah krisis, akan memberi angin segar bagi perekonomian Indonesia.

Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengatakan langkah Bank Sentral Eropa (ECB) membeli obligasi negara-negara zona euro yang tengah mengalami krisis, sesuai harapan banyak pihak.

"Kalau intinya apa yang dilakukan ECB bisa menstabilkan keadaan Eropa, ya kita harapkan global slowdown bisa lebih moderat dampaknya," tuturnya Jumat (7/9/2012).

Hal tersebut, lanjutnya, juga akan mampu untuk memperbaiki kondisi ekspor dan impor yang tengah tidak berimbang. "Kita melihatnya kalau Eropa itu lebih cepat pulih, dampaknya tentu lebih positif ke ekonomi dunia termasuk Indonesia," katanya.

Pada Kamis (6/9/2012), ECB meluncurkan rincian program baru untuk membeli obligasi pemerintah dalam jumlah tak terbatas dari negara-negara zona euro, melalui mekanisme mandat kebijakan bank yang ketat.

Kepala Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengatakan pada konferensi pers, ECB akan meluncurkan skema "Outright Monetary Transactions" atau OMT di pasar sekunder untuk kebijakan obligasi pemerintah di zona euro.

Skema ini akan memungkinkan negara-negara zona euro untuk mengatasi distorsi parah di pasar obligasi pemerintah yang berasal dari ketakutan tidak berdasar pada sebagian investor.

Ia menambahkan Bank telah menetapkan tanpa batas untuk volume obligasi yang akan dibeli melalui program baru tersebut. "Seperti yang kami katakan sebulan lalu, kita perlu berada dalam posisi untuk menjaga mekanisme transmisi kebijakan moneter di semua negara kawasan euro," katanya.

Komentar

Embed Widget
x