Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 04:29 WIB

BI: Pembiayaan Perbankan Syariah Tumbuh 36%

Oleh : Charles Maruli Siahaan | Jumat, 14 September 2012 | 15:39 WIB
BI: Pembiayaan Perbankan Syariah Tumbuh 36%
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pembiayaan perbankan syariah Indonesia per Juli 2012 mencapai Rp124 triliun.

"Pembiayaan ini tumbuh 36% secara year on year. Tapi secara year to date atau Desember ke Juli 2012, pembiayaan perbankan syariah tumbuhnya 22%," Direktur Eksekutif Departemen Perbankan Syariah Bank Indonesia (BI), Edy Setiadi di Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Dia mengakui pertumbuhan pembiayaan di perbankan syariah ini didominasi pembiayaan konsumer. Tapi, secara sektoralisasi, lanjutnya, di perbankan syariah ini belum sebagus seperti konvensional mengingat laporan bulanan yang dipakai masih versi lama tahun 2003.

"Jadi di sana kita sedang meneliti. Contohnya, katakanlah waktu kita masukkan pada sektor konsumsi, di sana ada alat-alat berat dan pembelian pesawat. Itu kan cukup besar, dan itu produktif untuk menunjang perekonomian secara keseluruhan. Artinya, kita lebih cenderung mendorong perkembangan satu skim tertentu di perbankan yang terkait dengan masalah yang konsumtif otomatis yang biasa kita pergunakan seperti perumahan, kendaraan bermotor, dan sebagainya," tuturnya.

Jadi, lanjutnya, dilihat dari data-data yang belum terkoreksi pertumbuhan pembiayaan komsumtif perbankan syariah mencapai 42%. "Tapi kalau dikatakan yang murni konsumtif itu sekitar 35 persen. Itu disebabkan dalam kontraknya dimasukkan laporannya konsumtif, padahal sebetulnya basicnya produktif," ujarnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x