Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 18:50 WIB

Dampak Stimulus Fed, Ekspor RI akan Naik

Oleh : Seno Tri Sulistiyono | Minggu, 16 September 2012 | 09:27 WIB
Dampak Stimulus Fed, Ekspor RI akan Naik
in
facebook twitter

INILAH.COM, Bandung - Perekonomian Indonesia diperkirakan akan menikmati peningkatan ekspor ke AS dengan adanya paket stimulus moneter putaran ketiga dari The Federal Reserve AS.

Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi Johansyah mengatakan, dampak dari pengumuman Quantitatif Easing (QE) 3 dari The Fed AS kepada Indonesia menimbulkan dua jalur. Pertama perdagangan dan yang kedua dari jalur financial.

"Untuk sesi perdagangan, pengumuman QE3 ini, diharapkan ada perbaikan di Amerika Serikat dan mitra Amerika Serikat yang memprediksikan pertumbuhan AS ke 3,4%," tuturnya saat Workshop Wartawan Ekonomi, Moneter dan Perbankan di Bandung, Sabtu (15/9/2012).

Dalam rapat dua hari pekan lalu, The Fed akan mengeluarkan rencana pembelian utang hipotek US$40 miliar setiap bulan dan menjaga suku bunga rendah mendekati nol hingga pertengahan tahun 2015. Hal ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Jika terjadi pertumbuhan sebesar 3,4%, kemungkinan ekspor akan mengalami peningkatan. "Ini bisa membuat ekspor kita akan lebih tinggi," ujarnya.

Sedangkan dalam jalur financial, dampak QE3 akan terlihat ketika uang yang dikirim salah satu outlet investasi. "Indonesia menjadi tempat dimana dari sisi financial mendapatkan pandangan yang baik untuk menginvestasi," ucapnya. [hid]

Komentar

x