Find and Follow Us

Sabtu, 18 Januari 2020 | 07:23 WIB

Bank Swiss: Pertumbuhan Orang Kaya RI Tercepat

Oleh : Vina Ramitha | Selasa, 25 September 2012 | 16:10 WIB
Bank Swiss: Pertumbuhan Orang Kaya RI Tercepat
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jenewa Survei oleh sebuah bank di Swiss menyebutkan, jumlah pertumbuhan individu berkekayaan bersih tinggi (HNWI) di Indonesia merupakan yang tertinggi di Asia.

Bank swasta Julius Baer, dalam survei terbarunya memperkirakan, peningkatan HNWI di Indonesia akan mencapai 25% atau yang tercepat di Asia. "Hal ini ditopang lingkungan bisnis domestik yang berkembang pesat," demikian bank tersebut.

Pernyataan ini merupakan bagian dari survei Julius Baer mengenai jumlah orang kaya Asia yang pada 2015 diperkirakan mencapai 2,67 orang dengan total aset mencapai US$16,7 triliun.

"Ini disebabkan perekonomian Asia yang terus tumbuh, ditopang permintaan domestik dan pertumbuhan tenaga kerja yang baik," demikian Julius baer.

Survei yang fokus pada penciptaan kekayaan di 10 perekonomian terbesar Asia, perkiraan HNWI per 2015 itu naik 30% dari estimasi 2010 lalu. China yang terbesar, dengan perkiraan 1,46 juta orang kaya dan total aset US$9,3 miliar per 2015.

Raksasa Asia lainnya, India, kekayaan tercipta dari tenaga kerja yang beralih dari pertanian serta perbaikan infrastruktur. Laporan ini juga meneliti biaya hidup (living cost) kehidupan mewah di Hong Kong, Shanghai, Singapura dan Mumbai yang naik 8,8%.

"Jelas, biaya hidup mewah di Asia terus naik dan melebihi indeks harga konsumen (CPI) yang konvensional dan hanya berkisar di 6% pada periode yang sama," lanjut laporan itu. [ast]

Komentar

Embed Widget
x