Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 13:18 WIB

BI: Plafon Gadai Emas Tetap Rp250 Juta!

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Selasa, 25 September 2012 | 16:52 WIB
BI: Plafon Gadai Emas Tetap Rp250 Juta!
inilah.com/Ardhy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menegaskan tidak akan menaikkan besar plafon gadai emas, dari yang sudah ditentukan pada perbankan syariah saat ini sebesar Rp250 juta.

"Tidak akan ada penambahan jumlah plafon di atas Rp250 juta," Direktur Eksekutif Departemen Perbankan Syariah Bank Indonesia (BI), Edy Setiadi, Selasa (25/9/2012).

Hal tersebut, menanggapi permintaan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), yang meminta BI untuk menaikkan plafon gadai emas yang semula hanya Rp250 juta. Jadi ruang lingkup pembiayaan gadai emas perbankan syariah lebih terbuka.

Ia menjelaskan, alasan BI tidak akan menaikan plafon gadai emas merupakan bentuk keberpihakan regulator terhadap masyarakat berpenghasilan rendah. Hingga kini pemilik rekening gadai emas yang memegang plafon di bawah Rp250 juta mencapai 80% dari jumlah total. "Karena saya lebih berpihak ke yang kecil, bukan pada return-return bank," ujarnya.

Saat ini jumlah rekening gadai emas telah turun menjadi sekitar Rp3 triliun per September 2012, dari posisi akhir Rp6,34 triliun per Desember 2011.

Salah satu penyebab penurunan tersebut adalah akibat diaturnya jumlah maksimal gadai di perbankan syariah. Aturan yang diberlakukan awal tahun ini membuat sebagian besar nasabah tidak bisa lagi menggadaikan emasnya dalam jumlah besar. [hid]

Komentar

x