Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 12:20 WIB

Inilah Upaya Pertamina Amankan BBM Subsidi

Oleh : Tio Sukanto | Selasa, 25 September 2012 | 17:26 WIB
Inilah Upaya Pertamina Amankan BBM Subsidi
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Depok - PT Pertamina memberlakukan secara ketat terhadap SPBU yang terlibat praktik penyelewengan distribusi BBM bersubsidi. Sanksi paling keras adalah pencabutan izin usaha.

Demikian disampaikan Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir, Selasa (25/9/2012). Pihaknya, secara korporat akan memproses aturan main jika ditemukan adanya kecurangan.

Jika bersumber dari SPBU maka akan diberi peringatan, dikurangi jatah pasokan bahkan dicabut ijin usahanya. "Kalau kita dapatkan laporan pasti kita langsung verifikasi dan lakukan tindakan," ujar Ali Mundakir.

Namun dugaan penyelundupan akan sulit dideteksi jika hal itu dilakukan dari sumber lain. Dia mencontohkan misalnya kasus penyelewengan BBM nelayan. "Kalau dijual di laut siapa yang bisa mengatasi," ucap Ali Mundakir.

Akar masalah dalam penyelundupan BBM bersubsidi sulit dihentikan karena masih ada disparitas harga yang tinggi antara BBM subsidi dan non subsidi. "Penyelundupan dan lain sebagainya terjadi karena ada disparitas harga. Jadi, dengan ada margin, orang pasti akan kejar itu," kata Ali Mundakir.

Terkait hal tersebut Pertamina berharap semua pihak dapat menjaga kelangsungan disttribusi BBM subsidi agar tepat sasaran. [hid]

Komentar

x