Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 20:34 WIB

BI: Ekonomi RI di Jalur Tepat

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Kamis, 18 Oktober 2012 | 18:02 WIB
BI: Ekonomi RI di Jalur Tepat
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Rating and Investment Information, Inc. (R&I) menaikkan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia menjadi BBB- (stable outlook).

Berdasarkan siaran resmi Bank Indonesia (BI), Kamis (18/10/2012), R&I menyatakan faktor yang mendukung keputusan itu adalah kekuatan ekonomi Indonesia mencapai pertumbuhan tinggi. Kedua, pengelolaan fiskal yang konservatif. Ketiga, utang pemerintah yang rendah serta sistem keuangan yang stabil.

"Inflasi yang terjaga dan suku bunga yang relatif rendah, telah mendorong peningkatan private consumption yang menjadi penyumbang utama pertumbuhan," tutur R&I.

Sementara Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, dalam keterangan tersebut menyatakan predikat Investment Grade dari R&I, menunjukkan kekuatan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi dan keuangan global. Indonesia sudah menerima predikat rating dari lembaga pemeringkat utama Fitch dan Moodys. "Kita telah berada pada jalur yang tepat dan siap mencapai kinerja yang lebih baik lagi," katanya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x