Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 12:18 WIB

ASKES Prediksi tak Capai Target Profit Tahun Ini

Oleh : Charles MS | Jumat, 26 Oktober 2012 | 12:06 WIB
ASKES Prediksi tak Capai Target Profit Tahun Ini
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PT ASKES (Persero) memperkirakan hanya membukukan profit 95% dari RKAP (Rencana Kerja dan Anggaran) atau sekitar Rp1,4 triliun hingga akhir 2012.

"Ini disebabkan dari pendapatan investasi, dengan agak berfluktuasinya kondisi eksternal, kemungkinan pencapaiannya tidak bisa 100% hingga akhir tahun, tapi hanya sekitar 80%. Tapi itu juga tergantung dua bulan lagi," ujar Direktur Utama PT Askes I Gede Subawa dalam bincang-bincangnya dengan INILAH.COM baru-baru ini.

Selain itu, adanya kenaikan biaya layanan kesehatan langsung yang diperkirakan mencapai 104% dari RKAP sampai akhir tahun ini, atau hampir Rp8 triliun, juga menjadi pemicu tidak terpenuhinya target profit 2012 ini.

"Dari aspek biaya, memang karena kami ingin memberikan layanan terbaik kepada peserta sehingga mengalami kenaikan. Tapi kami juga sedang berusaha mengendalikan, agar tidak terlalu besar kenaikan biayanya," ucapnya.

Hingga kuartal tiga 2012, Subawa mengakui profit perusahaan belum mencapai 75% dari RKAP. Hal ini disebabkan kondisi pasar saham yang masih sangat fluktuatif, meskipun investasi ASKES 80% ditempatkan di pendapatan tetap atau deposito dan 20% di non fixed income, di mana 10%-nya di saham. "Tapi meskipun demikian kita masih dalam kategori sehat," katanya.

Untuk premi, pada kuartal tiga 2012, ASKES sudah membukukan 72% dari RKAP. "Masih belum mencapai 75% karena masih ada konsolidasi keuangan yang harus dilakukan untuk cocok-cocokan. Itu biasanya terjadi di kuartal 4-2012," tuturnya.

Akhir tahun ini, Ia memperkirakan pendapatan premi perusahaan mencapai 103,5% dari RKAP atau sekitar Rp9,6 triliun.

Tahun depan, Subawa memperkirakan profit ASKES tidak akan bisa seperti yang sekarang. "Profit pasti turun karena sebagian besar dana investasi kita akan dipakai untuk membangun BPJS," ujarnya.

Adapun aset ASKES saat ini hampir mencapai Rp15 triliun. [ast]

Komentar

x