Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 09:57 WIB

Iwan Fals

Mulai Menyukai Sistem Investasi Koperasi

Oleh : Dewa Putu Sumerta | Jumat, 26 Oktober 2012 | 12:32 WIB
Mulai Menyukai Sistem Investasi Koperasi
inilah.com/Danu
facebook twitter

INILAH.COM, Denpasar Siapa sangka, bila musisi legendaris Tanah Air Iwan Fals kini mulai jatuh hati pada koperasi, terutama pada perjuangan dan cita-cita lembaga tersebut untuk mensejahterakan anggotanya.

Iwan mengaku selama ini dirinya tidak terlalu peduli dengan keberadaan koperasi. Apalagi sejak kuliah, ia sering mendengar cerita negatif tentang koperasi. Ia pun mengaku, dirinya tidak mengetahui persis bagaimana filosofi sejarah, perkembangan dan nilai-nilai perjuangan koperasi.

Namun, pandangannya berubah setelah ia tukar pikiran dengan Adi Sasono (mantan Menteri Koperasi dan UKM). Menurut penyanyi dengan nama asli Virgiawan Listanto ini, Adi Sasono berhasil membahasakan dengan sederhana tujuan mulia koperasi, yaitu membebaskan anggotanya dari kemiskinan. Iwan pun semakin tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh mengetahui cara kerja koperasi.

"Sekitar lima tahun lalu, saya sempat komunikasi telepon dengan Pak Adi Sasono. Beliau hanya bilang satu hal yang sampai sekarang saya ingat, yakni nanti koperasi itu tidak ada lagi yang ditindas," ujarnya dalam acara mega konser Merah Putih Untukmu Indonesiaku yang disponsori Koperasi Ekonomi Rakyat Nusantara (KERAN), di Denpasar, Bali, Kamis (25/10/2012).

Lembaga koperasi menurut Iwan seolah ingin mewujudkan impian masyarakat dan Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya alam dan manusia tak ternilai. "Karena filosofi sebuah koperasi adalah orang mengeluarkan uang bukannya kehilangan, namun justru uangnya bertambah,"katanya.

Iwan menambahkan, akan ada nilai tersendiri jika 40 orang di rumahnya yang bekerja bersama membantu berbagai kegiatannya dalam blantika industri musik Tanah Air, bisa bergabung dalam koperasi dan bisa memenuhi berbagai kebutuhan keluarga besarnya.

Ia pribadi sebagai musisi, ingin terus berkarya dan melakukan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang lain lewat karya-karyanya, seperti spirit koperasi. "Saya berharap lagu-lagu saya bisa memotivasi, menginspirasi masyarakat Indonesia untuk melakukan hal-hal positif yang berguna untuk diri mereka, bangsa dan negara tentunya,"katanya. [ast]

Komentar

Embed Widget
x