Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Maret 2019 | 00:28 WIB

Perbanas Usul hanya Ada 2 Jenis Bank

Oleh : Charles Maruli Siahaan | Senin, 29 Oktober 2012 | 15:50 WIB

Berita Terkait

Perbanas Usul hanya Ada 2 Jenis Bank
Ketua Umum Perbanas, Sigit Pramono - inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Perhimpunan Bank-bank Nasional (Perbanas) mengusulkan hanya ada dua kategori bank di Indonesia, yaitu bank umum dan khusus seperti BPR.

"Untuk bank umum seperti bank umum yang kita kenal saat ini. Tapi bank khusus nantinya akan melayani dan membiayai sektor tertentu atau wilayah tertentu saja," ujar Ketua Umum Perbanas, Sigit Pramono dalam acara jumpa persnya di Jakarta, Senin (29/10/2012).

Nantinya, lanjut Sigit, bank seperti BPR (Bank Perkreditan Rakyat) akan diperjuangkan menjadi Bank Khusus. Sedang untuk BPD (Bank Pembangunan Daerah) bisa memilih untuk menjadi Bank Umum dan Bank Khusus. Sementara, BTN (Bank Tabungan Negara bisa menjadi bank khusus untuk membiayai perumahan. "Kalau perlu Bank Infrastruktur masuk Bank Khusus," tuturnya.

Jadi, lanjutnya sudah tidak wajar lagi untuk mempertanyakan berapa banyak jumlah bank yang wajar di Indonesia ke depan. "Itu tak relevan lagi. Solusinya, hanya ada dua bank di Indonesia," katanya.

Untuk 20-30 tahun ke depan, kalau bank-bank umum mau besar, bank tersebut harus mengurangi kepemilikan negaranya. "Nanti tidak akan relevan lagi bank negara dan tidak bank negara, Karena tantangannya adalah modal, modal, dan modal," ujarnya.

Dia juga menegaskan bank-bank kecil yang sudah memiliki modal sesuai ketentuan internasional sebaiknya tidak usah lagi dipersoalkan. "Kami berpendapat, sepanjang bank itu sudah sehat dan kuat secara modal untuk mencapai pasarnya, tidak perlu dipersoalkan lagi. Karena negeri ini masih perlu bank besar, menengah, kecil, BPR, dan lembaga mikro. Kalau tidak, kita akan memiliki masalah ke depan," katanya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x