Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 21:15 WIB

Investasi Akan Lebih Besar di Luar Jawa pada 2013

Oleh : Seno Tri Sulistiyono | Minggu, 4 November 2012 | 14:33 WIB
Investasi Akan Lebih Besar di Luar Jawa pada 2013
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jombang - Investasi yang masuk ke Indonesia pada 2013 dipastikan lebih banyak dil uar pulau Jawa dan lebih dominan investor domestik.

"Trennya sudah kelihatan dan selama ini kan, 70 persen terbesar di pulau Jawa, sekarang sudah berkurang," ujar Hatta seusai pidato di Institut Keislaman Hasyim Asy'ari, Tebuireng, Jombang, Minggu (4/11/2012).

Menurutnya, dari jumlah dana investasi sebesar Rp500 triliun lebih banyak untuk Indonesia bagian Timur, seperti Maluku, Maluku Utara dan Papua.

"Kalau paling besar itu Sumatera dan untuk pulau Jawa hanya sekitar 41 persen dari jumlah tersebut," katanya.

Investasi yang masuk untuk, Maluku, Maluku Utara dan Papua terus meningkat melihat potensi daerah tersebut sangat menguntungkan. "Tapi yang hebat itu adalah Maluku, Maluku Utara dan Papu karena di situ ada smelter yang akan dibangun," ucapnya.

Lebih lanjut Hatta menuturkan, perusahaan milik negara dan swasta nasional saat ini lebih dominan berperan dalam berinvestasi. "Menarik dari semua itu, hampir 30 persen itu BUMN, 24 persen swasta nasional, 10 sampai 15 persen itu APBN dan asing hanya sekitar 20 persen," ujarnya. [mel]

Komentar

Embed Widget
x