Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 07:50 WIB

DPR Dukung Penambahan Cadangan Distribusi BBM

Oleh : Tio Sukanto | Minggu, 4 November 2012 | 16:00 WIB
DPR Dukung Penambahan Cadangan Distribusi BBM
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kajian Dewan Energi Nasional (DEN) untuk menambah cadangan distribusi BBM dari 22 hari menjadi 33 hari, untuk dikelola kepada PT Pertamina (Persero) didukung sepenuhnya oleh DPR.

Demikian disampaikan Anggota DPR Komisi VII, Bobby Rizaldi kepada INILAH.COM di Jakarta, Minggu (4/11/2012).

"Kalau cadangan distribusi sebaiknya dikelola oleh Pertamina, tapi kalau strategic reserve seperti di Amerika jangan," kata Bobby.

Menurut Bobby, dipilihnya Pertamina sebagai pengelola dikarenakan distribusi tersebut hanya bersifat sementara dan habis untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi bila yang dimaksud adalah strategic reserve seperti (SPR/strategic petroleum reserve) di Amerika, maka harus ada badan khusus yang mengelola.

"Kalau yang dimaksud DEN itu SPR, maka harus ada badan khusus yang mengelola, karena sifatnya permanen dan 'uang mati' alias non ekonomis, dimana Pertamina adalah BUMN yang tidak bisa melaksanakan kegiatan non-ekonomis," ujar Bobby.

Bobby menambahkan dipilihanya badan khusus yang menangani dikarenakan PSO (Puublic Service Obligation) berbeda dengan kegiataan non-ekonomis seperti SPR, karena PSO adalah kuota konsumsi, sedangkan SPR digunakan bila keadaan darurat.

Saat ini cadangan distribusi BBM nasional oleh Pertamina hanya bisa mencapai 22 hari, padahal kebutuhan BBM nasional semakin meningkat tiap tahunnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi. [mel]

Komentar

x