Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 01:12 WIB
 

Kemenakertrans Buka Layanan SIP-Bursa Kerja Online

Oleh : Advertorial | Senin, 26 November 2012 | 17:54 WIB
Kemenakertrans Buka Layanan SIP-Bursa Kerja Online
surat izin pengerahan (SIP) tenaga kerja Indonesia secara online dan bursa kerja (BK) online - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) meluncurkan pelayanan surat izin pengerahan (SIP) tenaga kerja Indonesia secara online dan bursa kerja (BK) online di kantor Kemenakertrans Jl Gatot Subroto Kav 51 Jakarta Selatan.

Peresmian pelayanan SIP dan BK Online dilakukan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenakertrans Muchtar Lutfie didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemenaketrans, Senin (26/11).

Sekjen Kemenakertrans Muchtar Lutfie mengatakan, peluncuran SIP dan BK Online ini terkait upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi pelayanan ini dihadirkan bertujuan untuk mengurangi penggangguran dan kemisikinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum, khususnya tenaga kerja.

"Pelayanan ini merupakan bagian dari pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di Kemenakertrans. Selama ini Kemenakertrans melibatkan masyarakat dalam setiap proses pengambilan keputusan, terutama terkait kebijakan yang menyangkut kepentingan publik. Pelayanan ini merupakan upaya untuk mewujudakan transparansi serta akuntabilitas Kemenakertrans," katanya di sela acara peluncuran pelayanan SIP dan BK Online tersebut.

Menurut dia, keterlibatan masyarakat perlu diakomodasi dengan cara memberikan pelayanan yang cepat dan mudah. Sebagai salah satu upaya mewujudkan hal tersebut, Kemenakertrans membuka loket/gerai pelayanan khusus. Ini sekaligus merupakan bentuk fasilitasi Kemenakertrans untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan penyebarluasan informasi pasar kerja.

Sementara itu, Dirjen Binapenta Kemenakertrans Reyna Usman mengatakan, pembangunan loket pelayanan ini mengacu pada semangat memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai prinsip good governance. Upaya ini juga sejalan dengan amanat Undang-undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Sebelumnya pelayanan untuk SIP tenaga kerja dan bursa kerja online dilaksanakan secara terpisah oleh masing-masing direktorat teknis. Termasuk juga pelayanan penempatan tenaga kerja di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Selama ini pelayanan bursa kerja online diamanatkan dalam Keputusan Menakertrans (Kepmenakertrans) Nomor Kep 07/Men/IV Tahun 2008 tentang Penempatan Tenaga Kerja. Sedangkan pelayanan penerbitan surat izin pengerahan (SIP) tenaga kerja diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri (PPTKILN), khususnya Pasal 32. Pengurusan SIP ini diperjelas lagi melalui Kepmenakertrans Nomor 261/Men/XI/2010 tentang Penunjukkan Pejabat Penerbitan Surat Ijin Pengerahan.

"Kami berharap dengan adanya loket pelayanan untuk SIP dan BK Online dari Ditjen Binapenta Kemenakertrans ini, pelayanan untuk masyarakat lebih optimal serta ada suatu kepastian hukum dan transparansi. Pelayanan yang lebih efektif dan efisien ini akan memudahkan untuk mengurus SIP atau mendapat informasi tentang lowongan kerja," kata Reyna.

Lebih jauh dia mengatakan, Kemenakertrans akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi ini sejalan dengan salah satu agenda utama pemerintah untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik dan memberantas tindak pidana korupsi dalam pengurusan perizinan dan lainnya.

Sesuai amanat UU Nomor 39 Tahun 2004, pemerintah selayaknya memberikan pelayanan dalam proses penempatan dan perlindungan TKI. SIP merupakan dokumen awal dalam proses penempatan TKI ke luar negeri yang digunakan sebagai sarana kontrol, pengawasan, dan pengendalian. Terutama terkait operasional pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS) atau perusahaan jasa TKI (PJTKI) serta proses perekrutan calon TKI.

"Oleh karena itu, pelayanan SIP secara online ditempatkan di lobi kantor Kemenakertrans untuk mempermudah seluruh pemangku kepentingan yang membutuhkan pelayanan penempatan tenaga kerja. Selanjutnya, segera akan diluncurkan pelayanan tenaga kerja asing (TKA) yang akan diresmikan akhir Desember 2012 nanti. Dengan ini Kemenakertrans menghadirkan pelayanan yang komprehensif terkait penempatan TKI dan TKA serta informasi tentang pasar Kerja," tutur Reyna. [*]

Komentar

x