Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 23:03 WIB

Sofjan: Apindo Mundur dari Tripartit Nasional

Oleh : Restu A Putra | Senin, 24 Desember 2012 | 22:12 WIB
Sofjan: Apindo Mundur dari Tripartit Nasional
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Sofjan Wanandi - IST
facebook twitter


INILAH.COM, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengungkapkan sudah tidak peduli lagi dengan pertemuan-pertemuan tripartit yang sudah beberapa kali digelar namun tetap tidak mengakomodir kepentingan pengusaha.

"Sudah ada satu-dua bulan ini (Apindo) tidak ikut rapat-rapat (Tripartit), kita tidak ada gunanya kok percuma," ujarnya saat dihubungiINILAH.COMdi Jakarta, Senin (24/12/21012) malam.

Sofjan menganggap tidak ada putusan-putusan prinsipil dari forum dialog tersebut yang diambil karena pemerintah pada akhirnya hanya memutuskan tanpa mewakili kepentingan seluruhnya. "Pemerintah hanya semaunya dia kok, biar enggak didemo-demo buruh," ucapnya.

Oleh karenanya ke depan Apindo sudah tidak lagi mempedulikan dengan adanya forum tripartit tersebut karena merasa perannya sudah tidak ada lagi dalam dialog tiga elemen itu. "Saya wakil ketua (LKS Tripnas dari unsur pengusaha) kok di situ, jadi saya serius (menarik diri dari LKS Tripnas)," ujarnya.

Sebelumnya, Apindo kepada wartawan dalam jumpa pers menyatakan menarik diri semua perwakilan yang duduk dalam LKS Tripnas karena kecewa terhadap pemerintah yang kerap memgambil keputusan di luar kesepakatan.

Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional merupakan forum dialog resmi tiga pihak dari elemen asosiasi pengusaha, serikat buruh, dan pemerintah berdasarkan surat keputusan presiden. Masing-masing elemen atau pihak diwakili oleh 15 orang. [dis]

Komentar

x