Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 17:37 WIB

Komoditas Nasional Perlu Jadi Tuan Rumah Dalam AEC

Oleh : Ranto Rajagukguk | Selasa, 1 Januari 2013 | 16:00 WIB
Komoditas Nasional Perlu Jadi Tuan Rumah Dalam AEC
Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta menilai, di tahun depan komoditas nasional perlu menjadi tuan rumah guna menjelang Asean Economic Community (AEC) di 2015.

"Di tahun depan merupakan tantangan bagi komoditas nasional untuk menjadi tuan rumah. Sehingga para pemangku kepentingan perlu mempersiapkan berbagai perangkat ataupun sistem regualasi dalam menghadapi AEC 2015," kata Ketua Kadin DKI Jakarta, Eddy Kuntadi, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, hingga kini hanya sedikit komoditas nasional yang siap berkompetisi pada era AEC di 2015. Karena itu, Kadin bakal melibatkan seluruh stake holder untuk terus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami mengharapkan momentum ini dimanfaatkan untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan menyeimbangkan pula neraca perdagangan Indonesia," tutur dia.

Dia menambahkan, sektor perdagangan tidak bisa lepas dari berbagai hal yang berkaitan dengan kondisi implementasi kebijakan pemerintah. Jelang AEC berlangsung, pemangku kepentingan perlu mempersiapkan sistem yang terintegrasi antara tiap negara dalam kawasan tanpa mengorbankan kinerja sektor industri.

"Untuk itu efisiensi dari kinerja sektor industri harus dibarengi dengan regulasi yang mampu menstimulus kegiatan ekonomi nasional," ujar dia. [mel]

Komentar

x