Find and Follow Us

Sabtu, 18 Januari 2020 | 07:23 WIB

Kementan Temukan Vaksin Virus Itik

Oleh : Tio Sukanto | Sabtu, 12 Januari 2013 | 13:30 WIB
Kementan Temukan Vaksin Virus Itik
Penyemprotan anti-virus itik - Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) mengaku sudah menemukan vaksin flu burung H5NI clade 2.3.2 yang menyerang itik.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan saat ditemui di kantor Kementerian Pertanian, Jumat kemarin (11/1/2013). "Dalam sebulan ini kita sudah temukan obat induk untuk mematahkan virus dari clade 2.3.2 itu," kata Rusman.

Rusman mengatakan, pengembangan vaksin tersebut tidak sendirian dikembangkan oleh pemerintah. Akan tetapi pihak swasta juga dilibatkan. "Kebutuhan vaksin ini kan sangat besar. Jadi tidak bisa ditangani oleh pemerintah sendiri. Ya paling tidak kita harus bisa mengcover 25 juta ekor itik, atau setengah dari total populasi itik yang jumlahnya mencapai 47 juta ekor," kata Rusman.

Sementara itu terkait penyebaran virus itu, dirinya mengatakan sejauh ini hanya baru menyerang itik. "Virus ini memang ganas, karena tingkatannya lebih tinggi. Akan tetapi sejauh ini belum menyerang ayam secara masif," ujar Rusman.

Saat ini pihak Kementan sedang mengajukan dana kompensasi sebesar Rp220 Miliar untuk diberikan kepada peternak itik yang terserang virus tersebut. Diharapkan dana kompensasi tersebut sudah bisa disetujui oleh Kementerian Keuangan pada bulan depan (Februari-red). Data terakhir itik yang maati karena terserang virus yang diduda bawaan dari luar negeri tersebut berjumlah 250 ribu ekor. [mel]

Komentar

x