Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 21:14 WIB

Pemasok Batu Bara

Aspebindo Sesalkan Keputusan Pemprov Sumsel

Oleh : Seno Tri Sulistiyono | Jumat, 25 Januari 2013 | 18:39 WIB
Aspebindo Sesalkan Keputusan Pemprov Sumsel
inilah.com
facebook twitter

INILAH,COM, Jakarta Asosiasi Pemasok Energi dan Batu Bara Indonesia (Aspebindo) merasa keberatan dengan keputusan Gubernur Sumatera Selatan tentang Perda tentang pertambangan mineral dan batu bara.

Ketua Umum ASPEBINDO, Ferry Juliantono mengungkapkan, pemberlakuan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumsel No 5 Tahun 2011 serta Peraturan Gubernur (Pergub) per Januari 2013 mengancam nasib 30 ribu pekerja.

"Terkesan pemberlakukan Perda dan Pergub itu dipaksakan tanpa mempedulikan kepentingan pihak pelaku usaha pengiriman batu bara dan masyarakat Sumsel yang terlibat dalam kegiatan tambang batubara, termasuk pengangkutan batu bara," ujarnya dalam siaran persnya kepada wartawan, di Jakarta, Jumat(25/1/2013).

Pada pasal tersebut dikatakan bahwa kegiatan pengangkutan batu bara pada lintas kabupaten atau kota wajib menggunakan jalan umum yang berakhir pada Maret 2013. Namun di Januari 2013, kata Ferry, Gubernur Sumsel tanpa melihat kesiapan jalan khusus yang diadakan oleh PT SERVO (ditunjuk oleh Pemda).

Pemprov Sumsel mendadak menyatakan memberlakukan ketentuan pasal 52 serta Pergub Januari 2013 dengan mewajibkan melalui jalan khusus yang disediakan oleh PT Servo.

Padahal jalan yang disediakan PT Servo tidak layak untuk dilewati kendaraan pengangkut batu bara. "Bahkan Pergub itu sarat dengan kepentingan tertentu, yang seharusnya tidak diperbolehkan seorang kepala daerah membuat keputusan yang memberikan keuntungan khusus bagi kelompok tertentu (PT Servo)," tutur Ferry. [hid]

Komentar

x