Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 15:38 WIB

Kementan Siap Hadapi Gugatan Impor Holtikultura

Oleh : Tio Sukanto | Jumat, 25 Januari 2013 | 21:35 WIB
Kementan Siap Hadapi Gugatan Impor Holtikultura
Buah Impor - Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah Indonesia optimistis dapat memenangkan gugatan AS di World Trade Organization (WTO) tentang pembatasan impor produk hortikultura.

Demikian disampaikan Menteri Pertanian, Suswono di kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (25/1/2013). "Kalau ada celah dia untuk memprotes silahkan, tapi kita sudah punya jawaban dan itu tidak melanggar ketentuan WTO," kata Suswono.

Terkait gugatan Amerika Serikat tersebut, pihak pemerintah Indonesia akan memfasilitasi konsultan. Dimana konsultan tersebut akan memberikan penjelasan kepada WTO. "Kalau ada celah dia (Amerika) untuk memprotes silahkan, tapi kita sudah siapkan jawabannya. Oleh karena itu kami sangat optimistis, kalau memang Amerika fair (jujur-red) bisa menerima penjelasan kita," ujar Suswono.

WTO memberikan waktu 60 hari atau dua bulan kepada pemerintah Indonesia, untuk memberi balasan surat protes yang dilayangkan oleh Amerika. Jika tidak dilakukan maka akan dilakukan arbitrase, dan segera dipublikasikan dalam beberapa hari ke depan. "Kita tunggu saja jadwalnya, tidak ada masalah," ucap Suswono.

Amerika Serikat menyampaikan keluhan ke WTO/organisasi perdagangan dunia, sehubungan dengan Indonesia melakukan impor produk hortikultura. Keluhan yang disampaikan ke WTO itu menjelaskan lisensi impor dari Indonesia dan penetapan kuota secara tidak langsung signifikan dengan perdagangan, membatasi dampak pada impor.

Keluhan dari Amerika Serikat merupakan perselisihan yang pertama diajukan di forum WTO pada 2013. [hid]

Komentar

x