Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 15:29 WIB

KESDM Jajaki PoD Tangguh Train 4

Oleh : Ranto Rajagukguk | Sabtu, 9 Februari 2013 | 13:00 WIB
KESDM Jajaki PoD Tangguh Train 4
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan, saat ini tengah menjajaki kemungkinan pengembangan lapangan (Plan of Development/PoD) Tangguh Train 4.

Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Migas), Kementerian ESDM Edy Hermantoro mengatakan, BP Indonesia tengah melakukan survei seismik 3D untuk mengetahui potensi migas di daerah tersebut.

"Ini baru diwacanakan pihak BP karena ada potensi yang akan ditindaklanjuti dengan eksplorasi baru. Kalau ini berhasil, jadi Train 4," ujar Edy seperti dikutip situs Kementerian ESDM, Sabtu (9/2/2013)

Edy menjelaskan, proses yang harus dilalui untuk pengembangan Tangguh Train 4 ini masih panjang. Karena itu, dibutuhkan dukungan semua pihak, termasuk juga kestabilan negara.

"Kestabilan negara itu penting. Kalau tidak seperti itu malah minim investasi," tutur dia.

Mengenai alokasi gas produksi Tangguh Train 4 apabila jadi dikembangkan, kata Edy, tergantung pada keekonomian lapangan. Untuk melakukan pengeboran, memerlukan biaya sekitar 50 juta per sumur. Apabila harga gas dapat diterima oleh dalam negeri, maka bisa saja produksinya 100% untuk domestik. Sementara untuk Tangguh Train 3, telah disepakati minimal 40% produksinya digunakan untuk domestik.

Seperti diketahui rencana pengembangan lapangan (PoD) Tangguh Train 3 telah diteken pada akhir tahun lalu dan ditargetkan mulai produksi 2018. [mel]

Komentar

x