Find and Follow Us

Sabtu, 25 Januari 2020 | 06:43 WIB

Pembangunan Monorel Tingkatkan Ekonomi Daerah

Oleh : Seno Tri Sulistiyono | Sabtu, 9 Februari 2013 | 18:30 WIB
Pembangunan Monorel Tingkatkan Ekonomi Daerah
Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Rencana PT Adhi Karya Tbk untuk membangun transportasi massal monorel dari Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Kuningan, dan Cawang-Cibubur, di nilai dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Pengamat Transportasi dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, mengatakan, adanya monorel dapat mendorong orang untuk bekerja atau membuka usaha di daerah. Sehingga Jakarta nantinya, bukan menjadi satu-satunya tempat untuk bekerja dan melakukan aktivitas bisnis yang besar.

"Ini (monorel) menjadi magnet. Bekasi dan Cibubur nantinya orang akan mudah ke sana. Ini menjadi kekuatan baru bagi wilayah pinggiran (Jakarta)," kata Yayat saat dihubungi INILAH.COM, Jakarta, Sabtu (9/2/2012).

Selain meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, kata Yayat, monorel juga dapat menguraikan kemacetan di Jakarta. Masyarakat yang biasa menggunakan mobil akan beralih ke transportasi umum, seperti monorel.

"Jika monorel jadi, pemerintah juga harus tegas membatasi penggunaan mobil. Ini harus diwajibkan agar, kemacetan tidak terjadi lagi, kalau monorel saja kemcetan tidak berkurang siginifikan tampa adanya pembatasan kendaraan," tuturnya.

Seperti diketahui, Adhi Karya akan membangun monorel sepanjang 52 kilo meter dan mampu menampung sebanyak 30 ribu orang. Rencana tersebut saat ini masih dalam proses perizinan pemerintah dan diperkirakan pada 2016 sudah bisa dioperasikan.

"Bekasi Timur ke Cawang hanya 24 menit, Cibubur-Cawang 18 menit dan Cawang-Kuningan sekitar 15 menit," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di gedung Kementerian BUMN, Jakarta, beberapa hari lalu.

Sedangkan mengenai tarif monorel, penumpang akan di kenakan biaya Rp15 ribu dari Bekasi Timur sampai Cawang, Cawang ke Kuningan Rp10 ribu dan Cawang hingga Cibubur Rp15 ribu. [mel]

Komentar

x