Find and Follow Us

Rabu, 29 Januari 2020 | 05:42 WIB

Pemerintah Beri Insentif untuk Dorong Eksplorasi

Oleh : Seno Tri Sulistiyono | Minggu, 17 Februari 2013 | 17:30 WIB
Pemerintah Beri Insentif untuk Dorong Eksplorasi
Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik - Inilah.com/Dok
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah akan mengeluarkan kebijakan baru terkait kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi, guna menjamin ketersediaan energi di masa mendatang dengan meningkatkan kegiatan eksplorasi.

Dengan adanya kebijakan yang baru, diharapkan kebijakan lintas kementerian tersebut dapat meningkatkan frekuensi kegiatan pemboran sumur eksplorasi.

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik mengatakan, pemerintah sedang mengupayakan untuk memberikan beberapa insentif seperti pajak bea masuk dan PBB.

"Insentif yang akan diberikan itu bea masuk kemudian PBB dikenakan ringan sekali yang tujuannya agar tidak mengambil lokasi banyak-banyak. Ada PBB-nya namun kecil yaitu sebesar Rp28 per meter," kata Wacik seperti dikutip situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (17/2/2013).

Menurutnya, tanpa kegiatan eksplorasi mustahil produksi dan cadangan baru akan didapatkan. Kegiatan eksplorasi akan memberikan dampak realisasi produksi pada 10 sampai 15 tahun mendatang

"Tujuannya untuk mendapatkan temuan-temuan baru untuk masa mendatang," tutur Wacik.

Berdasarkan data SKK Migas tahun lalu, realisasi pemboran tercatat, untuk pemboran eksplorasi terealisasi 119 sumur dari target WP&B sebanyak 236 sumur. Pemboran development, 840 sumur atau 93% dari target 905 sumur. Pada 2013, work program and budget (WPNB) yang disusun SKK Migas menargetkan pengeboran 258 sumur eksplorasi. Pada Januari 2013 ditargetkan pengeboran 21 sumur eksplirasi, namun yang berhasil direalisasikan hanya 5 sumur. [mel]

Komentar

x