Find and Follow Us

Selasa, 21 Januari 2020 | 09:45 WIB

Pedagang Harap Harga Daging Sapi Kembali Normal

Oleh : Tio Sukanto | Minggu, 17 Februari 2013 | 16:39 WIB
Pedagang Harap Harga Daging Sapi Kembali Normal
pedagang daging sapi - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pedagang daging sapi berharap dalam beberapa minggu ke depan, harga daging sapi kembali normal kembali.

Pasalnya, sejak harga sapi mengalami kenaikan hingga mencapai Rp.90 ribu per kilo gram, omset pedagang turun hingga 50%.

Demikian disampaikan Herman, Pedagang Daging Sapi Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur kepada INILAH.COM di Jakarta, Minggu (17/2/2013).

"Kita khawatir kalau harga daging sapi masih terus tinggi, daging sapi tidak akan laku karena tidak ada pembelinya. Makanya kita berharap harga daging sapi normal, atau paling tidak menjadi Rp.70 ribu per kilo gram," kata Herman.

Menurut Herman, beberapa kerugian yang sudah dialami oleh dirinya selama menjual daging sapi adalah semakin berkurangnya volume pembelian daging oleh pelanggannya. Dirinya mencontohkan, pelanggan pemilik rumah makan yang biasa membeli satu kilo per hari, saat ini hanya tiga hari sekali. Seperti halnya konsumen penjual bakso, biasa membeli 2-3 kilo per hari, menjadi satu kilo per hari.

"Harganya mahal, jadi tidak kekejar dia jualnya," ujar Herman.

Sebelum harganya mengalami kenaikan Herman mampu menjual 40-45 kilo per hari, namun sejak harga menjadi Rp.90 ribu per kilo hanya menjual 10 kilo perhari.

Sementara itu, Ibu Sunu salah satu pelanggan Herman mengaku tidak mempersoalkan kenaikan harga daging sapi.

"Asal harga beras saja jangan naik, kalau harga daging naik itu kan sudah biasa. Kalau harga beras yang naik itu baru bingung, karena beras adalah kebutuhan pokok," kata Sunu.

Namun begitu, dikatakan Ibu Sunu selama harga daging sapi naik, dirinya juga mengurangi volume pembelian daging sapi. "Kalau lagi murah ya seminggu sekali, tapi kalau lagi mahal ya sebulan 2-3 kali," katanya.

Sementara Wati yang juga pelanggan Herman mengaku sudah mengurangi intensitas mengkonsumsi daging sapi. "Kalau gak bisa kebeli, ya tidak makan daging sapi, dan sekalipun kepengin beli ya dikurangi," ujar. Wati.

Harga daging sapi saat ini sebesar Rp90 ribu per kilo, sementara harga normal Rp70 ribu-Rp80 ribu per kilo. Kenaikan harga ini terjadi sejak awal tahun lalu, atau sudah satu setengah bulan. [mel]

Komentar

x