Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Januari 2019 | 17:00 WIB

Harga Bawang Merah di Jabar Pekan Depan Normal

Oleh : Seno Tri Sulistiyono | Jumat, 15 Maret 2013 | 15:27 WIB

Berita Terkait

Harga Bawang Merah di Jabar Pekan Depan Normal
inilah.com/Ardy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher memperkirakan harga bawang merah di Jawa Barat pekan depan akan kembali normal. Terutama karena tiga Kabupaten sudah siap panen.

"Sentra bawang di Cirebon, Majalengka, dan Kuningan. Rabu (depan) akan panen. Mudah-mudahan panen ini bisa meringankan harga bawang," kata Aher seusai saat acara Rapat Koordinasi Regional II Perumahan dan Kawasan Pemukiman Tahun 2013 di Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Menurutnya, pasokan bawang untuk wilayah Jawa Barat, saat ini belum bisa tercukupi oleh perkebunan bawang merah yang ada di tiga Kabupaten tersebut. "Tentu panen Cirebon tidak sebesar di Brebes dan produksi bawang kita belum sebesar demand (permintaan pasar)," katanya.

Guna menjaga harga bawang kedepannya, kata Aher, Pemerintah Daerah akan memperluas lahan perkebunan bawang merah hingga dua kali lipat.

"Kita akan fasilitasi seluas-luasnya, karena panen cukup menarik. Kita akan buka dua kali lipat dari lahan saat ini. Bawang untuk Jawa Barat adalah barang baru tetapi menarik," tuturnya.

Diketahui, harga bawang merah saat ini di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan mulai Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kilonya. Sedangkan bawang putih mencapai Rp80 ribu per kilo. [ast]

Komentar

x