Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Januari 2019 | 17:00 WIB

Mentan akan Terapkan Kuota Impor Bawang Putih

Oleh : Tio Sukanto | Jumat, 15 Maret 2013 | 16:41 WIB

Berita Terkait

Mentan akan Terapkan Kuota Impor Bawang Putih
Menteri Pertanian, Suswono - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Pertanian, Suswono menegaskan pengaturan impor bawang putih dengan sistem kuota bertujuan untuk melindungi produksi dalam negeri.

"Kalau dilepas begitu saja, pasti nanti produksi bawang dalam negeri akan lebih tertekan lagi. Sehingga dikhawatirkan bawang putih dalam negeri akan habis," kata Suswono di kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Suswono mengakui dengan harga yang terbilang tinggi, petani bawang lokal akan lebih terdorong untuk meningkatkan produksi. Namun, jika harganya jatuh hal itu akan membebani petani bawang lokal. "Sekarang ini pilihannya tinggal bagaimana, apakah tetap melindungi petani bawang meski jumlahnya sedikit, atau harus melakukan impor semua," ujar Suswono.

Dari total kebutuhan bawang putih sebesar 400.000 ton tahun ini, produksi dalam negeri hanya bisa memasok 5-10%. Sementara sisanya 90% didatangkan dari impor, terutama dari China. "Semester kedua tahun ini kita targetkan impor bawang putih mencapai 320.000 ton," kata Suswono. [hid]

Komentar

x