Find and Follow Us

Jumat, 24 Mei 2019 | 07:14 WIB

KESDM Tunjuk Pertamina Kelola Lapangan Migas Irak

Oleh : Ranto Rajagukguk | Jumat, 15 Maret 2013 | 17:49 WIB
KESDM Tunjuk Pertamina Kelola Lapangan Migas Irak
Menteri ESDM, Jero Wacik - Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menugaskan kepada Pertamina untuk eksploitasi di lapangan minyak dan gas (migas) di Irak.

"Yang Irak begini, saya sudah bertemu dengan Wakil Perdana Menteri (PM)-nya waktu beliau ke sini. Beliau juga merangkap Menteri Perminyakan. Kita sudah ada Memorandum of Understanding (MoU) dan telah diparaf yang isinya kita diberi kesempatan untuk kelola lapangan migas milik mereka," kata Menteri ESDM, Jero Wacik di kantor Kementerian ESDM, Jumat (15/3/2013).

Dia menjelaskan, lapangan migas yang diberikan tidak dikelola sendiri oleh Indonesia melainkan juga melibatkan sejumlah perusahaan asing yang telah ada terlebih dahulu. "Yang jelaskan kita dikasih porsi. Apalagi kita juga punya hubungan yang baik sekali dengan mereka. Melihat Indonesia sudah baik, dan kita sudah sahabat makanya kita diberikan porsi," tutur dia.

Pertamina, menurut Wacik, telah memiliki tim yang siap dikirim untuk segera mengembangkan potensi eksploitasi lapangan migas di Irak. Wacik berharap, lapangan migas yang diberikan oleh Irak adalah lapangan yang siap produksi dan dieksploitasi Pertamina. "Saya juga bilang ke mereka untuk kasih lapangan yang mudah dan sudah berproduksi. Jadi tidak dikasih yang ngebornya sulit," tutur Wacik.

Sementara dari pemerintah Irak, menurut Wacik, telah memberikan prioritas secara langsung kepada pemerintah agar mendapatkan lapangan migas yang baik dan mudah dieksploitasi. "Beruntung kita sudah diberikan akses untuk dapat lapangan yang mudah dieksploitasi jadi gampang buat kita memproduksi," ujarnya. [hid]

Komentar

x