Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 02:29 WIB

2013, PIP akan Gelontorkan Rp10,5 Triliun

Oleh : Wiyanto | Minggu, 17 Maret 2013 | 11:45 WIB
2013, PIP akan Gelontorkan Rp10,5 Triliun
Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Bogor - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) akan menggelontorkan dana investasi pada 2013 senilai Rp10,5 triliun untuk membiayai 6 proyek.

"Pertama, proyek ramah lingkungan (minihydro, biomassa dan waste to energi) sebesar Rp 211,680 miliar," ujar Kepala PIP Saritoan Siregar pada pemaparan kinerja PIP di Sentul Bogor, Sabtu (16/3/2013).

Program proyek minihydro ini adalah pembiayaan yang terbaru. Baik dalam sisi calon mitra (swasta) maupun hal teknis.

Kedua, PIP akan membiayai public private partnership sebesar Rp100 miliar. Ketiga, PIP akan membiayai pengambilaalihan PT Inalum sebesar Rp7 triliun. "Keempat akan membiayai fasilitas dana geothermal sebesar Rp2,43 triliun," katanya.

Kelima, pinjaman pembiayaan kepada pemda sebesar Rp450 miliar. Terakhir keenam rencana pembiayaan pinjaman ke BUMN sebesar Rp350 miliar.

Dalam mengimplementasikan program tersebut, PIP melakukan strategi yaitu PIP akan mengikuti keikutsertaan dalam program pemerintah. Yaitu terlibat Masterplane Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).


"Program MP3EI yang diikutsertakan adalah konektivitas wilayah berupa pembiayaan jalan tol, jembatan, pelabuhan dan bandara," ungkapnya.

Selanjutnya adalah penyediaan sarana air bersih. PIP juga akan melakukan kemitraan baik pembiayaan konektivitas dan penyediaan air bersih.

Kemitraan dilakukan dengan kementerian, badan usaha, lembaga donor luar negeri.

Strategi terakhir adalah edukasi calon mitra (pemerintah daerah) seperti penganggaran, studi kelayakan dan penatausahaan. [jin]

Komentar

x