Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 20:27 WIB

Pertamina Harapkan Proyek Kilang Dipercepat

Oleh : Ranto Rajagukguk | Kamis, 28 Maret 2013 | 15:27 WIB
Pertamina Harapkan Proyek Kilang Dipercepat
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kerja sama pengelolaan kilang dengan Saudi Aramco dengan Kuwait diharapkan PT Pertamina direalisasikan sesegera mungkin karena berimplikasi besar terhadap produksi minyak Indonesia.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko Pertamina, Afdal Bahaudin menjelaskan pihaknya tidak memiliki target atas proyek kilang yang akan dikelola pemerintah. Namun mengharapkan proyek ini bisa segera terealisasi.

"Kita sendiri tidak punya target. Itu kan pemerintah yang putuskan. Yang baik ya secepatnya," kata dia di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kamis (28/3/2013).

Afdal menambahkan, kerja sama kilang dengan Kuwaiit saat ini masih dibahas di Kementerian Keungan (Kemenkeu) terkait adanya insentif dan kemudahan lainnya. Adapun pengembangan kilang lewat kerja sama dengan Saudi Aramco, pihaknya mengusulkan untuk menanyakan langsung kepada pemerintah.

"Yang Saudi Aramco tanya langsung saja ke pemerintah. Kan pemerintah yang minta. Kami tidak mau dahuluin lah, dengan bilang ke media," tuturnya.

Pemerintah berencana membangun kilang minyak seiring telah tuanya kilang yang telah ada saat ini. Realisasi juga dilakukan untuk menambah unit kilang yang saat ini masih minim.

Untuk lifting minyak yang dipatok APBN 2013 yang sebesar 900 ribu barel per hari (bph). [hid]

Komentar

x