Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 02:30 WIB

Inflasi Belum Pengaruhi Pertumbuhan Kuartal I

Oleh : Wiyanto | Jumat, 5 April 2013 | 17:28 WIB
Inflasi Belum Pengaruhi Pertumbuhan Kuartal I
(Foto : istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjelaskan proyeksi kuartal I pada tahun ini akan terlihat pada Mei mendatang. Inflasi yang cenderung tinggi belum mempengaruhi pertumbuhan.

"Saya baru keluar dari Brunei, belum bisa bayangin, nanti lah itu biasanya diumumkannya bulan Mei," ujar Plt Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang Brojonegoro di Kemkeu, Jumat (5/4/2013).

Namun Bambang berjanji pada bulan-bulan ini akan membuat proyeksi perkembangan pertumbuhan kuartal I. "Nanti deh bulan-bulan ini, kita coba bikin proyeksinya," tuturnya.

Sementara itu, menurut Bambang pertumbuhan Indonesia tidak terganggu oleh adanya inflasi. Hal ini juga terjadi dinegara lain yang inflasinya tinggi, tetapi pertumbuhannya juga tinggi.

"Inflasi nggak ganggu pertumbuhan dalam artian begini, inflasi itu lebih kepada daya beli masyarakat, kita konsen bukan ke arah pertumbuhannya. Bisa aja inflasi tinggi pertumbuhan tinggi, itu masih bisa terjadi di banyak negara. Nah masalah sekarang kita inflasi tinggi ini bukan karena pertumbuhan yang tinggi. Nah di banyak negara itu, inflasi tinggi karena pertumbuhan tinggi, jadi karena kejadian over heating , kalau kita kan enggak," jelasnya.

Jadi, Indonesia memang inflasi akibat bahan pangan dan berpengaruh terhadap daya beli. Sehingga komoditi tersebut yang menjadi konsentrasi pembenahan.

"Inflasi kita karena core inflension karena bahan makanan, jadi karena lebih mempengaruhi daya beli, itu harus kita bereskan dengan kita melihat komoditi per komoditi. Lalu, apa saja masalah di situ, apa yang terjadi kelangkaan, kenapa harga tinggi itu yang mesti kita bereskan," ucapnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x