Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 09:45 WIB

Penghematan Subsidi APBN

"Larang Pelat Hitam Konsumsi BBM Subsidi Segera"

Oleh : Wiyanto | Senin, 8 April 2013 | 20:10 WIB
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kemenkeu menjelaskan larangan mobil pelat hitam mengkonsumsi BBM subsidi bisa berdampak besar terhadap penghematan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Harus ada kebijakan yang lebih tegas yaitu dengan melarang mobil pelat hitam mengkonsumsi BBM bersubsidi," ujar Plt Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Bambang Brojonegoro di DPR, Senin (8/4/2013).

Menurut Bambang, potensi penghematan dari pengendalian dalam bentuk pelarangan mobil pelat hitam sangat besar bagi penghematan APBN. "Lumayan besar, tergantung kapan mulainya," katanya.

Oleh karena itu, Bambang menilai semakin cepat pelaksanaan larangan tersebut, maka penghematan akan semakin besar. Kalau semakin lama penghematan tidak akan besar. "Minimal ini pelarangan mobil plat hitam berlaku di Jawa dan Bali, apalagi se-Indonesia. Kalau hanya Jakarta Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi itu tidak cukup untuk melakukan penghematan," jelasnya.

Sementara itu menanggapi adanya pengedalian dengan menggunakan alat monitoring atau teknologi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) itu sangat sedikit dampaknya ke penghematan APBN.

"Alat pengendalian di tiap SPBU sangat kecil dampaknya ke penghematan APBN, tapi itu tetap diberlakukan dengan kontrol agar tidak terjadi pelanggaran," jelasnya.

Harga BBM bersubsidi saat ini berdasarkan keputusan pemerintah pada 15 Januari 2009 dengan harga premium Rp4.500 per liter, harga minyak solar Rp4.500 per liter dan harga minyak tanah Rp2.500 per liter.

Anggaran subsidi dalam APBN 2013 naik Rp48 triliun atau sekitar 18% dari APBN-P 2012 sebesar Rp268,1 triliun. Anggaran subsidi tahun 2013 tersebut dialokasikan untuk subsidi BBM jenis tertentu, LPG tabung 3 kilogram dan LGV sebesar Rp193,8 triliun, subsidi listrik Rp80,9 triliun, dan subsidi non-energi Rp41,4 triliun. [hid]

Komentar

Embed Widget
x