Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 11:55 WIB

Dahlan Usulkan Merpati Konversi Utang Jadi Saham

Oleh : Seno Tri Sulistiyono | Senin, 8 April 2013 | 20:21 WIB
Dahlan Usulkan Merpati Konversi Utang Jadi Saham
Menteri BUMN Dahlan Iskan - Inilah.com/Ardhy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta kesempatan kepada Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk membahas usulan utang PT Merpati Nusantara Airline menjadi saham.

"Kalau (Merpati) jadi anak Garuda, malah nyungsepin Garuda yang saat ini sudah terbang tinggi. Merpati itu utangnya triliunan. Sehingga saya minta waktu (Komisi VI DPR) untuk rapat khusus membahasa utang merpati," kata Dahlan saat Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR di gedung DPR, Senin (8/4/2013).

Menurut dia, dalam mengatasi utang Merpati yang besar salah satunya dengan mengubah utang menjadi saham. Jadi perusahaan kreditur akan memiliki saham di Merpati.

"Kalau tidak begitu, akan sulit menghidupkan Merpati. Siapapun Dirut Merpati, akan sulit rasanya menghidupkan Merpati. Utang Merpati itu kalau nggak salah tiga triliunan rupiah kepada perusahaan-perusahaan BUMN," ujar dia.

Total utang Merpati sebesar Rp5 triliun kepada Bank Mandiri, PT Angkasa Pura dan PT Pertamina. "Jika utang tersebut menjadi saham maka diyakini Merpati bisa hidup lagi. Makanya saya minta waktu nanti," kata Dahlan. [hid]

Komentar

x