Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 01:04 WIB

Penjualan Carrefour Turun 1,3% Jadi 20,8 M Euro

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 18 April 2013 | 18:57 WIB
Penjualan Carrefour Turun 1,3% Jadi 20,8 M Euro
belanja di Carrefour - (Foto : inilah.com/Ardhy Fernando)
facebook twitter

INILAH.COM, Paris - Raksasa ritel asal Prancis, Carrefour SA mengalami penurunan penjualan pada kuartal pertama tahun ini.

Pendapatan mengalami penurunan 1,3% menjadi 20,83 miliar euro atau US$27,08 miliar. Pemicunya karena penurunan mata uang di negara berkembang. Pertumbuhan penjualan di negara berkembang dapat mengimbangi penjualan di Eropa. Di kawasan tersebut, sepertiga bisnis Carrefour berada. Demikian keterangan resmi perseroan seperti mengutip marketwatch.com, Kamis (18/4/2013).

Saat ini, perseroan masih menarik minat konsumen untuk meningkatkan belanja lagi di Eropa. Pasar Eropa terpengaruh penghematan dengan krisis yang masih terjadi. Walaupun jaringan supermarket memangkas harga jual.

Di pasar Eropa termasuk Prancis, Carrefour mengalami penurunan pendapatan 3,5% menjadi 5,4 miliar euro. Hal ini mencerminkan iklim bisnis yang tidak menguntungkan bagi para peritel. Kecuali di Belgia dengan penjualan yang terus mengalami pertumbuhan.

Untuk kuartal pertama di Prancis, pendapatan turun 0,7% menjadi 9,2 miliar euro. Meski sempat meningkat pada semester kedua tahun 2012, perseroan mengalami tekanan di pasar domestik.

Sementara di pasar negara berkembang cenderung mengalami kenaikan karena iklim bisnis yang kuat. Untuk Amerika Latin penjualan naik 14% karena mata uang di kawasan tersebut stabil. Pelemahan mata uang di Brasil dan Argentina memicu penjualan melemah 0,2% menjadi 3,9 miliar euro. Sementara di pasar Asia pertumbuhan cukup moderat. Penjualan tercatat mengalami kenaikan 0,3% menjadi 2,1 miliar euro.

Komentar

x