Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 00:37 WIB

Kuartal I, NPL BTN Naik Sebesar 4,77%

Oleh : Wiyanto | Kamis, 18 April 2013 | 20:22 WIB
Kuartal I, NPL BTN Naik Sebesar 4,77%
PT Bank Tabungan Negara (BTN) - (Foto : istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pada kuartal pertama Non Performing Loand (NPL) PT Bank Tabungan Negara (BTN) mengalami kenaikan sebesar 4,77% gross dengan netnya 3,83%.

Sebabnya menurut Direktur KPR BTN, Mansur S Nasution, nasabah kaget pembayaran pada jatuh tempo harus disertai pokok pinjaman. "Adanya upaya perbaikan sistem banyak skim subsidi yang diatur tempo sehingga nasabah sedikit terganggu, kemampuan membanyarnya karena pada saat jatuh tempo subsidi habis untuk membayar bunga plus pokok jadi naik dua kali lipat," ujarnya saat paparan kinerja kuartal pertama di Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Namun masalah NPL ini sudah ditanggulangi sejak Desember tahun lalu. Bahkan ini sudah di diperiksa bahkan Bank Indonesia turun tangan menangani ini. "Sedikit waktu membahas kinerja Desember sepakat pemeriksa editor maupun BI menganjurkan agar tata kelola NPL baik secara adiministratif dan financial," katanya.

Mansur mengakui dari Februari sudah dilakukan perbaikan dan trendnya membaik meskipun masih tinggi tapi sudah ada usaha perbaikan. "Februari lakukan perbaikan dan Maret membaik," katanya.

Meskipun demikian, Mansur berkeyakinan NPL pada akhir tahun bisa dibawah 3%. Pendukungnya adalah kekuatan kredit perumahan."Melihat permasalahan yakin akhir tahun NPL dibawah 3%,karena ditopang kredit rumah pasti bisa diselesaikan. Karena nasabah tahu utang lebih kecil dari rumah," jelasnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x