Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 13:41 WIB

KESDM Masih Terus Kaji Dua Harga BBM Subsidi

Oleh : Ranto Rajagukguk | Kamis, 18 April 2013 | 20:32 WIB
KESDM Masih Terus Kaji Dua Harga BBM Subsidi
Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo - (Foto : inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) lagi-lagi masih terus membahas opsi kebijakan mekanisme dua harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

"Ya itu masih terus kami bahas. Kami belum putuskan apa-apa," kata Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo di Jakarta, Kamis (18/4/2013)i.

Menurut dia, persoalan ini merupakan isu yang cukup menyita perhatian karena dperlukan kajian yang komprehensif agar peraturan yang diterbitkan tidak berdampak pada kalangan menengah ke bawah. "Itu nanti kita perlu melihat dan menghitung jika terjadi dampak yang bakal berefek negatif pada rakyat miskin," tutur Susilo.

Pemerintah menerbitkan opsi dua harga BBM subsidi yaitu, penjualan BBM subsidi seharga Rp6.500 bagi kendaraan roda empat pribadi, dan tetap memberikan subsidi penuh sebesar Rp4.500 untuk roda dua serta angkutan umum.

Menteri ESDM Jero Wacik mengakui, subsidi BBM akan dikurangi oleh pemerintah secara perlahan. Sekarang yang menengah ke bawah tetap dapat subsidi Rp5.000 dan menengah ke atas termasuk yang mampu diberikan subsidi Rp3.000 per liter untuk harga premium.

Dia mengakui ada dampak inflasi yang terjadi jika mekanisme dua harga BBM subsidi ditetapkan. Namun, pihaknya juga menyadari akan melakukan koordinasi kepada seluruh stakeholder untuk menekan dampak inflasi dengan menyiapkan ketersedian pangan murah. [hid]

Komentar

Embed Widget
x