Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 04:29 WIB

Pemerintah akan Bangun SPBG di Sepanjang Pantura

Oleh : Ranto Rajagukguk | Kamis, 18 April 2013 | 21:01 WIB
Pemerintah akan Bangun SPBG di Sepanjang Pantura
(Foto : inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam waktu dekat bakal melakukan kajian terkait pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di sepanjang jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa.

"Kita akan buat SPBG di jalur Pantura. Kita akan buat aturan dan jaringan pipanya dengan bantuan swasta dan BUMN seperti PT Pertamina (Persero), dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN)," kata Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo di Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Menurut Susilo, pembangunan SPBG dibuat dengan mekanisme penentuan titik stasiun satu dengan stasiunnya lainnya berjarak 60 kilo meter (km). Dengan realisasi pembangunan SPBG ini akan mempermudah tiap angkutan yang menggunakan energi gas.

Langkah ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk mendorong konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG). "Kita akan buat tiap SPBG berjarak 60 km. Segera kita akan realisasikan," tutur Susilo.

Di samping melakukan kajian pembangunan SPBG di pantura, pemerintah mengklaim telah menyiapkan alat konversi yaitu converter kit yang saat ini masih difokuskan untuk kendaraan dinas Kementerian dan Lembaga (K/L).

"Beberapa sudah disebar converter kitnya. Dan sudah juga beberapa yang dipasang. Yang jelas alat konversi ini juga sebagai implementasi konversi BBM ke BBG," ucapnya. [hid]

Komentar

x