Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 09:45 WIB

Masalah Angkatan Kerja

Menakertrans: Butuh Skenario Kolektif

Kamis, 18 April 2013 | 21:49 WIB
Menakertrans: Butuh Skenario Kolektif
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar - (Foto : inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengutarakan permasalahan angkatan kerja di Indonesia muncul salah satunya karena sektor-sektor di pemerintahan masih berjalan sendiri-sendiri.

"Pada dasarnya human development Indonesia telah meningkat dan diakui oleh organisasi dunia seperti UNDP dan ILO. Namun Indonesia masih memiliki permasalahan ketahanan ekonomi belum solid dalam menyiapkan skenario kolektif, masih jalan sendiri-sendiri antara skenario ekonomi, pendidikan dan budaya," ujarnya, dalam Seminar Youth Public Lecture yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Kepemudaan FISIP UI dengan tema "Partisipasi Pemuda dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia" di UI, Kamis (18/04/2013).

Muhaimin mengungkapkan bahwa hanya sembilan persen angkatan kerja lulusan dari perguruan tinggi. Hal ini berdampak pada kualitas, kompetensi dan juga daya saing dengan negara lain.

"Adanya kerjasama internasional Indonesia dengan negara lain mengandung resiko standar kualitas tenaga kerja kita yang harus sama. Yang terjadi sekarang adalah pendidikan dan kebutuhan pasar tenaga kerja tidak match," paparnya.

Beliau menambahkan bahwa pendidikan dan pemberdayaan pemuda menjadi salah satu faktor penting untuk membentuk kemandirian globalisasi. Kesadaran bahwa pemuda harus dikelola ditumbuhkan karena peluang yang dimiliki kalangan ini dalam mengembangkan ekonomi atau menghadapi era globalisasi sangat besar.

"Dalam rangka meningkatkan kemandirian globalisasi, pemberdayaan pemuda merupakan prioritas yang harus dilakukan. Beberapa solusi dapat dilakukan melalui community development dengan menjadikan pemuda sebagai subjek pembangunan," tambahnya. [hid]

Komentar

x