Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 22:34 WIB

Pemerintah Pastikan Tidak Tambah Kuota Solar

Oleh : Ranto Rajagukguk | Selasa, 23 April 2013 | 20:40 WIB
Pemerintah Pastikan Tidak Tambah Kuota Solar
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah memastikan tidak akan menambah kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis solar yang kini tengah langka di sejumlah daerah.

"Tidak ada nambah kuota seperti itu. Kita ini kan dalam APBN dibatasi 46 juta kilo liter (kl). Kalau ditambah itu nantinya bisa repot," kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo di Jakarta, Selasa (23/4/2013).

Menurut dia, angkanya persedian solar subsidi di sejumlah daerah lantaran di tiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) telah melalui penjatahan sistematis. Karena itu, pihaknya sendiri tidak memiliki wewenang untuk menambah kuota solar ke daerah-daerah yang saat ini mengalami kelangkaan.

Namun, adanya kondisi tersebut, pemerintah telah mengistruksikan kepada PT Pertamina (Persero) untuk menyediakan solar non subsidi sebanyak mungkin.

Menurut Susilo, langkanya solar di daerah juga disebabkan perilaku oknum tertentu yang memanfaatkan isu mengenai mekanisme dua harga BBM subsidi. Misalnya saja, beberapa angkutan umum yang mengonsumsi BBM subsidi sengaja memanfaatkan peluang untuk menjual kembali ketika melakukan pengisian.

"Ditambah itu yang sektor pertambangan dan pekerbunan ngotot masih pakai BBM subsidi. Itu kan sudah jelas salah. Yang seperti ini justru yang menyebabkan adanya kelangkaan," ujarnya. [hid]

Komentar

x