Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 03:22 WIB

Chatib Yakin Komunikasi dengan BI Lebih Cair

Oleh : Wiyanto | Jumat, 24 Mei 2013 | 16:02 WIB
Chatib Yakin Komunikasi dengan BI Lebih Cair
Menkeu Muhamd Chatib Basri - inilah.com/Ardy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menkeu menyatakan tidak akan canggung dengan untuk berkoordinasi dengan Gubernur Bank Indonesia yang baru. Sebab Gubernur BI yang baru adalah orang lama di Kemenkeu.

"Secara institusi, tradisi koordinasi antara Kemenkeu dengan Bank Indonesia (BI) itu sudah selalu di-establish, dibangun dengan rapat bulanan. Saya tahu ini, sewaktu saya di sini dulu, pada 2010, jadi sudah established waktu zaman itu," ujar Menkeu Muhamd Chatib Basri di Kemenkeu, Jumat (24/5/2013).

Pada saat Agus Martowardojo menjabat Menteri Keuangan (Menkeu) dan Gubernur BI Darmin Nasution, tradisi koordinasi mengikuti pola yang sama. Dengan demikian ketika dirinya berdiskusi dengan Agus Marto pun tidak akan mengalami masalah.

"Kemudian waktu zaman Pak Agus Martowardojo jadi Menteri Keuangan dengan Pak Darmin juga dilakukan. Saya bahkan ketika di BKPM beberapa kali juga ikut rapat. Jadi secara institusi itu nggak soal dan biasa dilakukan. Kemudian secara personal, saya sudah kenal Pak Agus lama sekali, jauh sebelum beliau di Menteri Keuangan, ketika beliau di Bank Mandiri, di sini di Kemenkeu, kemudian di BI. Jadi, jauh lebih cairlah, artinya komunikasi bisa lewat formal, bisa informal. Pikiran kita more or less senada lah ya mengenai makro," ucapnya.

Chatib menilai, Agus Marto tidak perlu belajar banyak. Karena Agus terbiasa koordinasi makro. Agus juga dipandang memiliki integritas. "Kalau beliau sebagai gubernur bank sentral mengerti soal posisi fiskal, tentu juga bisa membuat antisipasi moneternya juga konsisten dengan kita. Saya nggak lihat bahwa Pak Agus perlu belajar terlalu banyak di sana karena praktis dalam koordinasi kebijakan makro, itu akan berjalan. Saya menyambut baik Pak Agus sebagai Gubernur BI. Teman-teman sudah tahu semualah. Integritasnya. Pak agus kalau bekerja luar biasa," ungkapnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x