Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 21:14 WIB

Jagung dan Umbi Solusi Ketahanan Pangan

Oleh : Haris Marseno | Jumat, 24 Mei 2013 | 17:18 WIB
Jagung dan Umbi Solusi Ketahanan Pangan
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Untuk memperkuat ketahanan pangan, pola konsumsi masyarakat terhadap salah satu pangan perlu ditekan dengan menawarkan jenis pangan alternatif. Apakah itu?

"Jika pola konsumsi beras masyarakat bisa ditekan dan diganti dengan jenis pangan yang lain seperti jagung, umbi-umbian atau gandum, maka ketahanan pangan Indonesia akan menjadi lebih kuat," ujar Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Tanaman Pangan, Djoko Said Damardjati, saat dialog ketahanan pangan di ajang Agro & Food Expro 2013, Jumat (24/5/2013).

Jagung atau umbi-umbian sejak lama telah menjadi makanan alternatif bagi penduduk Indonesia. Dengan diversifikasi pangan merupakan bagian dari upaya memperkuat ketahanan pangan secara tidak langsung. Selain itu juga agar mampu menekan kuota angka impor.

"Hingga tahun 2013 persoalan ketahanan pangan khususnya beras menjadi salah satu persoalan. Pola konsumsi beras yang terlalu dominan, menjadi kebutuhan beras kian membengkak seiring bertambahnya jumlah penduduk, terutama untuk masyarakat menengah ke bawah," ujarnya.

Selain itu, Djoko Said juga berharap edukasi publik untuk mengkonsumsi alternatif bahan pangan sangat diperlukan secara intensif. [hid]

Komentar

x