Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 17:23 WIB

Penuhi Pasokan Garam Industri

Pemerintah akan Tutup Keran Impor Garam

Oleh : Ranto Rajagukguk | Sabtu, 25 Mei 2013 | 11:52 WIB
Pemerintah akan Tutup Keran Impor Garam
(Foto: inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Lamongan - Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi garam di sektor industri, pemerintah memastikan bakal menutup keran impor komoditas tersebut dengan meningkatkan produksi dan produktivitas penambak garam dengan teknologi tinggi.

"Kita bisa kurangi impor garam yang selama ini disuplai untuk industri. Untuk itu kita harapkan program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar) bisa maksimal dan berkontribusi bagi pemenuhan kebutuhan garam di sektor industri," ujar Kepala Pusat Badan Statistik dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), Indra Safti, dalam diskusi bertema "Industrialisasi Garam Rakyat Untuk Mewujudkan Kemandirian Produksi Garam Nasional, yang diadakan KKP, di Lamongan, Jawa Timur, Jumat (24/5/2013).

Dia mengklaim beberap tambak garam rakyat telah berhasil menyuplai kebutuhan sektor industri. Salah satu kontribusinya adalah menyuplai industri minuman ringan di dalam negeri.

Namun, dia mengklaim pasokan suplai bagi garam industri membutuhkan kualitas olahan yang baik. Karena itu, tambak garam yang dikerjakan masyarakat perlu memenuhi standar khusus agar pasokannya bisa berkontribusi bagi sektor industri.

Menurut hasil analisis kadar NaCl beberapa produk garam berkisar antara 70-86%. Standarisasi mutu garam bagi makanan dan minuman, serta farmasi perlu mencapai 95%-97%. Itu artinya para penambak perlu meningkatkan kadar NaCl yang cukup tinggi agar potensi penambak rakyat diserap oleh sektor industri. "Jadi sesunggunya yang harus difokuskan adalah pengolaha lahan dan pengembangan polikultur. Perlu ada peningkatan kualitas garam K3 ke K1," ucap dia. [mel]

Komentar

x