Find and Follow Us

Jumat, 6 Desember 2019 | 07:44 WIB

Kadin Kaji Pinjaman Perbankan Swasta

Oleh : Tio Sukanto | Minggu, 16 Juni 2013 | 20:20 WIB
Kadin Kaji Pinjaman Perbankan Swasta
(Foto : istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kadin akan mencari alternatif pinjaman kredit permodalan dari bank swasta. Langkah ini menyusul kenaikan bunga kredit perbankan.

"Tentu kita akan cari pinjaman yang lebih murah bunganya, kalau di bank pemerintah mahal ya kita cari di bank swasta," kata Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Natsyir Mansyur kepada INILAH.COM di Jakarta, Minggu (16/6/2013).

Bank Indonesia beberapa hari yang lalu secara resmi menaikan tingkat suku bunga acuan (BI rate) sebesar 25 bps menjadi 6%, dari sebelumnya 5,75%. Kenaikan itu tentu akan diikuti kenaikan suku bunga kredit perbankan dalam negeri.

"Perbankan kita sebenarnya belum efisien. Hal itu terlihat dari masih tingginya cost of fund (dana pihak ketiga). Akibatnya, penyaluran kredit juga belum maksimal," ujar Natsir.

Terkait kenaikan bunga kredit tersebut, dirinya mengakui hal itu jelas akan berdampak pada iklim bisnis. Pasalnya, di satu sisi pihak pengusaha menginginkan adanya bunga kredit yang rendah, tapi di sisi lain kenaikan suku bunga tak terhindari.

"Tentu ini akan menambah biaya produksi kita, di luar daripada biaya infrastruktur dan logistik," kata Natsyir. [jin]

Komentar

Embed Widget
x