Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 03:00 WIB

Inilah Antisipasi BI Bila Fed Kurangi QE

Oleh : Wiyanto | Kamis, 20 Juni 2013 | 15:46 WIB
Inilah Antisipasi BI Bila Fed Kurangi QE
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo - (Foto : inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyebutkan langkah antisipasi penarikan quantitative easing dengan penyedian valas.

Penyediaan valas, menurut Agus, selaras dengan penarikan Quantitative Easing (QE) oleh The Fed Amerika Serikat. Potensi penarikan tersebut sangat besar bagi negara dunia meskipun tidak bagi Indonesia.

"Kita akan terus menjaga agar valas itu tersedia. Kita lihat dalam waktu satu hari yield di Amerika Serikat bisa meningkat. Sekarang ini di Indonesia kita sikapi dan kita melihat tekanan itu di Indonesia tinggi dan tentu kita akan coba untuk berkoordinasi lebih baik," ujarnya di kantornya, Kamis (20/6/2013).

Langkah penyediaan valas diambil setelah pihak BI berkoordinasi dengan pemerintah. Koordinasi ini merupakan langkah penting untuk mencari solusi dan antisipasi terhadap penarikan oleh The Fed.

"Tapi kami menyempatkan waktu koordinasi antara BI dengan pemerintah dan Kementerian BUMN, karena banyak BUMN kita sebagai pelaku ekonomi," ucap mantan Menteri Keuangan ini.

Oleh karena itu, penarikan likuiditas ini janganlah membuat kekhawatiran di pasar. Walaupun sudah ada pelemahan pada tingkat regional, namun itu tidak bagi Indonesia. Kalaupun ada itu tidak berlangsung lama.

"Kita harapkan kita nggak perlu khawatir, kalau regional terjadi pelemahan yang besar. Di Indonesia juga ada pelemahan, namun itu hanya sifatnya sementara. Justru sebetulnya investor bisa memanfaatkan situasi transisi ini, secara umum BI dan pemerintah akan mengantisipasi dengan baik," tuturnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x