Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 16:47 WIB

KESDM Jamin Pasokan Bahan Baku Bagi Inalum

Oleh : Ranto Rajagukguk | Kamis, 20 Juni 2013 | 19:11 WIB
KESDM Jamin Pasokan Bahan Baku Bagi Inalum
(Foto : istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Keputusan untuk mengambil alih kepemilikan saham PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) telah diputuskan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013. Apa tanggapan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)?

Direktur Pengusahaan Mineral Ditjen Minerba, Kementerian ESDM, Dede Suhendra menyatakan, wewenang pengelolaan Inalum sepenuhnya berada di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), sementara Kementerian ESDM hanya menyiapkan pasokan bijih mineral."Wewenang ada di Kemenperin. Kami hanya menjamin pasokan alumina," tutur dia di DPR, Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Menurut dia, perusahaan hilir yang memiliki smelter untuk memproduksi aluminium tersebut tidak akan mengalami kekurangan pasokan bahan baku. Pasalnya di sektor hulu sudah banyak yang telah memproduksi alumina. "Pasokan bahan bakau dijamin aman. Banyak perusahaan yang sudah memproduksi alumina," ucapnya.

Lebih lanjut dia menyebut, perusahaan yang akan berkontribusi untuk menyalurkan pasokan alumina bagi Inalum, adalah PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Dede pun menjamin, pasokan bahan baku yang diperoleh untuk menggenjot produksi Inalum didapat dari produksi hulu dalam negeri.

"Pasokan dijamin dan harus tersedia. Antam sudah dipastikan akan menyalurkan pasokan bahan baku ke Inalum. Perusahaan lain di dalam negeri juga telah siap menyiapkan bahan baku alumina untuk Inalum," ujar Dede. [mel]

Komentar

x