Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 06:19 WIB

Mau Hemat Saat Libur, Ini Tips Liburan Tanpa Boros

Oleh : Agustina Melani | Jumat, 9 Agustus 2013 | 16:07 WIB
Mau Hemat Saat Libur, Ini Tips Liburan Tanpa Boros
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Libur Lebaran mungkin masih tersisa dua hari lagi. Anda dan keluarga yang belum sempat pergi berlibur, akhir pekan ini dapat digunakan untuk pergi berlibur.

Atau Anda baru dapat cuti setelah libur Lebaran, dan berencana liburan pada pekan depan. Anda pun dapat merencanakan anggaran liburan agar tidak menguras kantong, dan menimbulkan utang. Ingin Anda tidak meninggalkan utang setelah liburan, berikut tips agar kocek Anda tidak terkuras yang disampaikan oleh Perencana Keuangan ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, seperti dikutip dari situs ZAP Finance, Jumat (9/8/2013):

Pertama, tentukan destinasi liburan
Domestik atau internasional, kota besar atau kota kecil. Sesuaikan pilihan berlibur dengan kemampuan keuangan Anda saat ini, karena Anda sudah tidak bisa menabung lagi.

Kedua, Transportasi liburan
Biaya untuk transportasi ini tidak hanya memperhitungkan biaya menuju destinasi liburan, tetapi juga transportasi selama Anda berada di tempat tujuan.

Ketiga, Agenda liburan
Tentukan kegiatan apa yang ingin Anda lakukan selama berasa di tempat tujuan, sekedar jalan-jalan, pergi ke museum, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, atau hanya bersantai-santai saja.

Keempat, perhitungkan biaya lain-lain
Anda mungkin merasa perlu berbelanja beberapa barang yang akan digunakan untuk liburan, seperti sandal, kaca mata, dan koper baru. Masukkan biaya untuk belanja ini ke dalam budget liburan Anda. Jangan lupa membuat anggaran untuk pos belanja oleh-oleh.

Kelima, premi asuransi perjalanan
Asuransi perjalanan akan sangat berguna untuk memproteksi resiko kerugian bila terjadi musibah selama perjalanan liburan ataupun bila liburan Anda batal dilakukan.

Prita menambahkan, jika Anda ditawari pinjaman tanpa bunga dan yakin penghasilan Anda cukup untuk melakukan cicilan, silahkan mengambil tawaran tersebut. Namun, jika pinjamannya dikenai bunga, sekecil apapun itu, lebih baik tahan diri Anda terlebih dahulu dan kumpulkan dana liburan Anda sendiri.

Komentar

x