Find and Follow Us

Kamis, 23 Januari 2020 | 09:03 WIB

Mentan Dukung Bulog Tangani 9 Bahan Pokok

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 17 Agustus 2013 | 14:00 WIB
Mentan Dukung Bulog Tangani 9 Bahan Pokok
Menteri Pertanian (Mentan), Suswono - (Foto : inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan), Suswono, mendukung Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk berperan kembali menstabilkan 9 kebutuhan pokok.

Dulu era orde baru, Bulog memegang peranan ini. Kini Bulog hanya memegang beras dan daging baru belakangan. "Ya, saya tentu saja sangat mendukumg kalau peran Bulog pada masa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dulu. Masa itu, ada 9 bahan pokok yang dipegang, kalau itu dimungkinkan kami sangat senang," ujar Suswono di kantornya, Sabtu (17/8/2013).

Menurut Suswono, jika Bulog difungsikan kembali seperti dulu, akan menguntungkan baik kalangan petani dan konsumen. Pasalnya dua belah pihak pembeli dan penjual tidak ada yang saling dirugikan.

"Kenapa didukung, paling tidak ada penyangga untuk perlindungan para petani. Dengan harga yang dijamin kemudian ada perlindungan konsumen. Jadi kalau Bulog diperankan lebih banyak lagi, kami mendukung saja untuk itu," jelas Suswono.

Namun Suswono mempertanyakan kemampuan Bulog untuk berperan kembali seperti dahulu. Kalau dulu pendanaan dibantu pemerintah, kini Bulog harus mencari dana komersil sendiri.

"Tapi persoalannya apakah Bulog sendiri, kalau menggunakan dana komersial kelihatannya agak berat. Kalau dulu kan ada namanya dana Likuiditas Bank Indonesia (LBI) yang bisa dimanfaat, sekarang kan tidak ada lagi. Tapi tergantung Bulog siap apa tidak?," ungkap Suswono. [hid]

Komentar

x