Find and Follow Us

Rabu, 22 Januari 2020 | 07:23 WIB

JPMorgan Chase Terbelit Skandal Suap di China

Minggu, 18 Agustus 2013 | 12:27 WIB
JPMorgan Chase Terbelit Skandal Suap di China
JPMorgan Chase - nytimes.com
facebook twitter

INILAH.COM, Washington Otoritas federal di AS melakukan investigasi kasus suap yang melibatkan JPMorgan Chase yang mempekerjakan anak pejabat penting China untuk memuluskan bisnis mereka di China.

Hal itu terungkap dalam dokumen rahasia pemerintah AS yang diungkap oleh harian The New York Times. JPMorgan Chase, antara lain, mempekerjakan anak mantan pejabat bank sentral China yang kini merupakan direksi China Everbright Group, konglomerat keuangan milik pemerintah China.

Setelah anak pejabat China itu masuk ke JPMorgan Chase, perusahaan keuangan ternama ini berhasil mendapatkan kontrak dari koglomerat China, termasuk menjadi konsultan penjualan saham.

Selain itu, JPMorgan cabang Hong Kong juga mempekerjakan putri pejabat perusahaan kereta api China. Pejabat itu belum lama ini ditangkap karena suap terkait kontrak-kontrak pemerintah. Sang putri masuk ke JPMorgan ketika JP Morgan di New York tengah berupaya mendapatkan kontrak konsultan rencana go public The China Railway Group, sebuah BUMN yang tengah mengerjakan proyek besar pembangunan rel kereta. Berkat bantuan JPMorgan, China Railway meraih pemasukan lebih dari US$5 miliar dari hasil go public. [tjs]

Komentar

x