Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 17:09 WIB

Kelayakan Kilang Minyak APBN Rampung Tahun Ini

Oleh : Ranto Rajagukguk | Minggu, 18 Agustus 2013 | 19:25 WIB
Kelayakan Kilang Minyak APBN Rampung Tahun Ini
Dirjen Migas Kementerian ESDM Edy Hermantoro - (foto: inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah menargetkan studi kelayakan kilang minyak yang dibangun dengan dana APBN dapat rampung tahun ini.

Studi kelayakan (feasibility study/FS) dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) dengan biaya sekitar Rp17 miliar.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Edy Hermantoro mengatakan, FS dilakukan Pertamina karena perusahaan pelat merah itu yang nantinya akan mengoperasikan kilang tersebut.

"Setelah FS rampung tahun ini, diharapkan tahun depan dapat dilakukan desain perencanaan dasar (front end engineering design/FEED). Diharapkan pada tahun 2017, kilang sudah dapat dioperasikan," tutur Edy akhir pekan ini.

Menurut Edy, kebutuhan Indonesia akan kilang baru sudah mendesak karena untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, terpaksa dilakukan impor BBM sekitar 400.000 barel per hari.

Kilang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang berbiaya sekitar Rp90 triliun ini, berkapasitas sekitar 300.000 barel per hari. Pasokan minyak mentah untuk kilang tersebut, direncanakan berasal dari Irak.

Sementara itu mengenai kilang yang akan dibangun dengan bekerja sama investor luar masih terganjal insentif yang diminta oleh investor.

"Kilang APBN ini nantinya tidak hanya menghasilkan produk bahan bakar minyak semata, tetapi juga produk aromatik agar marjin yang dihasilkan dapat ekonomis," ucapnya. [jin]

Komentar

x